Selasa, 24 Maret 2015

Beberapa rangkaian dasar gerbang logika menggunakan transistor sebagai swich




Gerbang NOT atau INERETER adalah rangkaian logika satu-masukan dan satu-output  yang outputnya selalu komplemen dari inputnya. Artinya, input LOW menghasilkan output TINGGI, dan sebaliknya. Bila ditafsirkan untuk sistem logika positif, logika '0' pada input menghasilkan logika '1' pada output, dan sebaliknya. Hal ini juga dikenal sebagai 'sirkuit berlawanan' atau sebuah 'sirkuit pembalik'. 



Operasi NOT pada variabel logika A dilambangkan sebagai A. Artinya, jika Q adalah input ke sirkuit NOT, maka Q outputnya diberikan oleh Q=   atau A dan dibaca sebagai Q sama dengan NOT A. Dengan demikian, jika A = 0, Q = 1 dan jika A = 0, Q= 1.




Sebuah gerbang AND adalah sirkuit logika yang memiliki dua atau lebih input dan satu output. Output dari gerbang AND adalah TINGGI hanya bila semua masukan yang berada di status TINGGI. Dalam semua kasus lain, output RENDAH. Bila ditafsirkan untuk sistem logika positif, ini berarti bahwa output dari gerbang AND adalah logika '1' hanya jika semua inputnya berada dalam status logika '1'. Dalam semua kasus lain, output logika '0'. Logika simbol dan tabel kebenaran dari gerbang AND dua masukan ditunjukkan pada gambar.








Jika kita menafsirkan definisi dasar gerbang OR dan AND untuk sistem logika negatif,kita memiliki pengamatan yang menarik. Kami menemukan bahwa sebuah gerbang ORdalam sistem logika positif merupakan gerbang AND dalam sistem logika negatif. Juga,AND positif adalah OR negatif .



Gerbang OR

Sebuah gerbang OR melakukan operasi OR pada dua atau lebih dari dua variabel logika. Operasi OR pada dua variabel independen logika A dan B ditulis sebagai Y = A + B dan dibaca sebagai Y sama dengan A OR B dan bukan sebagai A ditambah B. Sebuah gerbang OR adalah rangkaian logika dengan dua atau lebih input dan satu output. Output dari gerbang OR adalah RENDAH hanya bila semua masukan RENDAH. Untuk semua kemungkinkan kombinasi masukan lainnya, outputnya TINGGI. Pernyataan ini ketika ditafsirkan untuk sistem logika positif berarti sebagai berikut.
Output dari gerbang OR berlogika '0' hanya jika semua inputnya berada pada logika '0'. Untuk semua kemungkinkan kombinasi masukan lainnya, outputnya adalah logika '1'. Gambar 1 menunjukkan simbol rangkaian dan tabel kebenaran dari gerbang OR dua masukan. Ekspresi aljabar boolean untuk gerbang OR adalah Y = A + B. Tanda plus menunjukkan fungsi OR. Perhatikan bahwa untuk kasus A = 1 dan B = 1 dalam tabel kebenaran, tanda ini tidak berarti sama seperti halnya untuk aljabar biasa.





 Sebuah gerbang OR juga dapat memiliki sejumlah masukan. Sebagai ilustrasi, jika kita memiliki empat variabel logika dan kami ingin tahu output logis dari (A + B + C + D), maka itu akan menjadi output dari gerbang OR empat-input dengan A, B, C dan D sebagai inputnya.




Gerbang NAND

Gerbang AND dan gerbang OR dapat dikombinasikan dengan inverter untuk membentukgerbang dasar lainnya. Sebuah gerbang AND dapat dikombinasikan dengan inverter untuk membentuk gerbang NOT AND, atau NAND. Pada gambar dibawah  menggambarkan suatu gerbang dengan menggunakan simbol-simbol skematik, dan tabel kebenaran untuk gerbang  NAND. Outpu tuntuk gerbang NAND hanya kebalikan dari AND. Gelembung pada output dari simbol skematik menunjukkan hal ini. Ekspresi boolean untuk gerbang NAND adalah Y = (A.B)' ,atau hanya Y = (AB)'. Poin penting untuk diingat ketika Anda mencari kesalahan sirkuit yang mengandung gerbang NAND adalah bahwa output dari gerbang NAND adalah tinggi(1) setiap kali ada masukan rendah (0).





Sumber

5 komentar: